Rabu, 13 Juli 2011

Bayi Raksasa Texas, Bobot Lahir 7,5 Kilogram

Sebelum kelahiran bayi mereka, pasangan Janet Johnson dan Michael Brown telah diwanti-wanti dokter, si jabang bayi bertubuh besar. Namun, saat lahir, bobot bayi ini mengejutkan dokter dan kedua orang tuanya.

Dengan bobot 13 pon lebih atau sekitar 7,5 kilogram, JaMichael yang lahir Jumat lalu, 8 Juli 2011 di Longview, Texas tak mirip bayi baru lahir. Malahan, ia lebih mirip bayi berusia 9 atau 10 bulan.

Bayi Raksasa Texas, Bobot Lahir 7,5 Kilogram
Dokter yang menangani persalinan lewat metode caesar tersebut, Dr John Kirk, mengatakan, ibu dan ayah JaMichael memang bertubuh besar. Selain itu, diabetes yang diderita Janet berisiko menyebabkan bayinya lahir dengan berat badan berlebih.

Dr Ian Holzman mengatakan, bayi biasanya mengalami berat badan lebih akibat diabetes gestational yang diderita ibunya memungkinkan bayi mendapatkan kalori glukosa ekstra selama kehamilan.

Meskipun ini adalah anak keempat pasangan Johnson, anak-anak yang dilahirkan sebelumnya memiliki berat badan normal.

Kejadian bayi terlahir dengan bobot tak biasa juga pernah terjadi di Indonesia. Seorang bayi yang diberi nama Akbar yang lahir 21 September 2009 di Sumatera Utara memiliki bobot 8,7 kilogram.

Sementara, rekor melahirkan bayi terbesar di dunia tercatat atas nama Ann Bates. Dia melahirkan bayi seberat 23, 12 pon atau setara 10,5 kilogram pada 1879. Sayangnya, bayinya hanya bertahan 11 jam sebelum meninggal. Bayi raksasa yang bertahan hidup dilahirkan di Aversa, Italia pada 1955 dengan berat 10,2 kilogram.
http://kosmo.vivanews.com/news/read/232997-bayi-raksasa-texas--bobot-lahir-7-5-kilogram