Senin, 19 September 2011

Mitos Kucing Punya 9 Nyawa

Mitos Kucing Punya 9 Nyawa, Kata siapa kucing punya sembilan nyawa? Itu kan cuma ada di film-film atau cerita doank, percaya atau tidak, masa sih kalau kucing itu mati dia akan bangkit kembali dari kematian sebanyak delapan kali dan kemudian yang terakhir akan mati beneran. Mustahilkan, tapi tidak ada salahnya kita mengulas mengenai Mitos Kucing Punya 9 Nyawa sebagai bahan pembelajaran.

Karakter dan sifat kucing yang misterius membuat orang terpesona. Melewati berbagai zaman dan kebudayaan dimana kucing ditakuti dan dipuja-puja. Di waktu lain kucing dibinasakan karena dipercaya sebagai pertanda buruk.

Di luar itu semua, kucing telah mendapat tempat spesial dalam hati dan pikiran banyak orang. Berikut beberapa mitos, cerita dan kepercayaan yang berhubungan dengan kucing baik dari Indonesia maupun negara lain. Terserah Anda percaya atau tidak.

Dari Luar Negeri
Kucing dipercaya mampu melihat hal-hal gaib. Oleh karena itu sering digunakan sebagai jimat, pelet, obat perangsang dan dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Banyak bagian tubuh kucing digunakan untuk penyembuhan. Salah satu yang banyak digunakan adalah ekornya. Beberapa tempat di Inggris masih menggunakan ekor kucing untuk menyembuhkan bengkak kelopak mata bagian atas (tembelan/bintitan).

Kucing dipercaya dapat meramalkan dan mempengaruhi cuaca. Melemparkan kucing ke geladak kapal dipercaya dapat mendatangkan badai di laut.

Pada abad ke 13 pengadilan penyihir mulai dilakukan di Eropa. Di abad ini kucing mendapat reputasi jelek, karena dianggap sebagai roh yang membantu para penyihir.

Kucing hitam dianggap berhubungan erat dengan sihir-menyihir.

Pada tahun 1854, ditulis sebuah buku yang menyatakan bahwa seorang penyihir mampu berubah berntuk jadi kucing maksimal sebanyak 9 kali. Kemungkinan besar inilah asal muasal istilah kucing mempunyai 9 nyawa.

Kucing pernah dipercaya dapat menyedot/menghisap nafas bayi. Faktanya kucing hanya menyukai bau susu yang tercium dari bayi.

Meskipun menyukai susu, sebenarnya susu tidak benar-benar baik bagi kucing. Sejumlah kecil susu biasanya tidak berakibat apapun. Bila terlalu banyak dapat menyebabkan mencret dan diare.

Banyak orang masih percaya nasib buruk akan menimpa bila ada seekor kucing hitam memotong jalan.

Para penambang tabu menyebut kata "cat" saat sedang berada di tambang.

Kucing membawa keberuntungan bila berada di belakang panggung. Sebaliknya dapat membawa sial bila berada di atas panggung.

Semua orang di rumah akan terserang flu jika ada seekor kucing bersin sebanyak tiga kali di rumah tersebut.

Hujan akan segera turun bila seekor kucing mencuci/membersihkan mukanya.

Badai akan datang bila ada seekor kucing menjilati ekorya.

Kucing mengeong di atas geladak kapal tanda perjalanan melaut akan penuh kesulitan.

Kucing yang muncul pada acara perkawinan dipercayamembawa keberuntungan.

Anak kucing yang lahir di bulan Mei tidak akan pernah menjadi pemburu tikus yang baik.

Dari Indonesia
Bila ada kucing yang melintasi jalan kita dengan ciri berbulu hitam total berarti segala usaha dan urusan anda akan sia-sia.

Bila ada dalam perjalan menabrak kucing hingga mati berarti akan ada peristiwa yang menimpa kita dalam belalu lintas. Tetapi bila kucing tersebut dikuburkan oleh kita maka kita akan selamat.

Bila kita menabrak kucing sampai terluka berarti dalam waktu dekat penabrak akan terserang penyakit berat, terkecuali kucing itu diobati.

Bila kucing melompati jenazah berarti jika itu terjadi maka akan membangunkan si jenazah dan bila jenazah memeluk orang yang ada disekitarnya maka akan sulit untuk dilepaskan.

Bila memukul kucing sampai terluka berarti bila tidak segera diobati maka rezeki keluarga orang yang melukai kucing tersebut akan berkurang selama dua bulan berturut-turut.

Bila kucing menjilati kaki majikan berarti salah satu dari anggota keluarga akan mendapat rezeki dalam waktu tidak lebih dari 1 bulan, bila hal itu bukan kebiasaan si kucing menjilati kaki majikannya.

Disarankan untuk mandi keramas dengan tujuh macam bunga sebelum lewat 6 jam bila memukul kucing sampai mati berarti sebagai ritual untuk menangkal kesialan selama 3 bulan berturut-turut.

Disarankan menaburkan garam pada anus kucing ketika kucing yang kita pelihaaran terlihat sedang sibuk menjilati anusnya sendiri yang dilakukan berulang-ulang. berarti sebagai penangkal agar penyakit yang akan datang pada salah satu anggota keluarga tidak timbul.

Didalam perjalanan mendapati kucing ingin menyeberang tapi kemudian membatalkan diri dengan kembali ketempat semula. berarti segala urusan yang sedang digarap tidak akan terselesaikan.

Disarankan memelihara kucing berbulu hitam yang dikeningnya terdapat beberapa lembar bulu putih berarti akan membawa pengaruh baik dalam mencari nafkah.

Disarankan untuk menyimpan atau mengantungi bulu kucing yang sudah dikeringkan berarti untuk ajimat dalam berjudi.

Ditemukan kucing peliharaan beranak tujuh berarti bahwa pemilik rumah akan kaya.

Ditemukan kucing peliharaan beranak sembilan berarti bahwa pemilik rumah akan selamat dunia akhirat dan akan kaya raya.

Suatu ketika datang kucing tak bertuan dan betah tinggal dirumah berarti pemilik rumah akan mengalami nasib mujur.

Suatu ketika kucing peliharaan beranak kucing belang empat berarti pemilik rumah akan selamat sejahtera.

Suatu ketika kucing peliharaan beranak kucing belang tiga berarti pemilik rumah akan dapat rejeki dalam waktu dekat.

Namun semua itu atas izin Allah, kita sebagai umat yang beragama dan berakhlak sebaiknya jangan terlalu percaya dengan hal-hal yang dapat membuat kita dizhalimi oleh Allah, percayalah pada Yang Maha Esa atas semua kejadian dan atas kehendak-Nya lah semua hal ini akan terjadi.
 Source