Sabtu, 14 Januari 2012

Penemu Telepon Seluler

Peradaban manusia modern tak terelakkan lagi kini mereka bertumpu pada dua penemuan teknologi yang amat berpengaruh dalam hidupnya yakni internet dan telepon seluler (ponsel). Kedua teknologi di atas kini menjadi andalan manusia dalam berkomunikasi, berkarier, berbisnis, dan aktivtas lainnya. Tanpa penemuannya, tak akan ada orang yang membawa, menggenggam bahkan sambil berkomunikasi Iangsung dengan ponsel. Oleh sebab itu penemuanya kali ini membuat bisnis (ponsel) terbentuk dan menjadi bisnis yang prestisius.

Martin Cooper
Dalam hal internet, orang mengenal tokoh-tokoh penemunya, seperti Bob Taylor, ahli psikoakustikdan Direktur Program Riset Komputer di Defense's Advances Research Project Agency (DARPA) tahun 1966. Pada masa itulah Taylor mendapat ide untuk menghubungkan komputer-komputer dalam berbagai jaringan. Selain Taylor, ada pula Larry Robert, pionir jaringan komputer di Laboratorium Lincoln, Massachusetts Institute ofTechnology (MIT), satu¬satunya ilmuwan di AS yang dianggap bisa mewujudkan jaringan yang dibayangkan Taylor. Tentu saja ada Vint Cerf dan kawan-kawan dari University of California Los Angeles.

Sementara itu, dari dunia komunikasi seluler ada nama penemu ponsel Martin Cooper yang saat itu (35 tahun silam, tepatnya 3 April 1973) bekerja di Motorola. Sebagian orang masih bisa menikmati impian Cooper, yang antara lain membayangkan ponsel ukuran kecil, dipasang di balik telinga, dan secara otomatis menghubungi nomor seseorang manakala penggunanya berniat menghubungi nomor tersebut.

Tetapi, fokus kali ini membuka kepala Cooper. Ada sosok lain yang juga berjasa besar dalam pengembangan komuniaksi seluler ini. Tokoh ini tidak lain adalah Amos E Joel Jr, pionir sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah set yang lain. Switching harus bekerja lebih semaksimal mungkin pada waktu pengguna ponsei bergerak dan berpindah dari satu sel ke sel yang lain sehingga dalam menggunakannya ponsel tersebut tidak terputus. Dengan bantuan Amos Joel lah kini penggunaan ponsel tersebut menjadi lebih nyaman.

Selain sistem switching ponsel yang dipatenkan dengan nomor 3.663.762.762, Joel juga ambit bagian dalam pengembangan "traffic service position system" (TSPS) yang digunakan untuk mengotomatiskan pekerjaan operator telepon dan "automoatic intercept system" (AIS) yang diciptakan untuk menangani panggilan ke nomor tak aktif secara otomatis.