Jumat, 03 Februari 2012

Menara Pisa Salah Desain

Sobat Uniqer's pasti tau kan tentang Menara Pisa. Menara yang salah disain sebut saja Menara miring di Pisa Italia menjadi demikian. Kenapa menara itu bisa miring? Bonanno Da Pisa, adalah sang arsitek, dia melakukan kesala han yang sangat fatal saat rnembangun menara itu di tahun 1174. Kesalahannya yang paling berpengaruh pada pembangunannya adalah mendi-rikan pondasi dengan kedalam 3 meter. Bisa dibandingkan dengan tinggi menara lain yang mencapai 56 meter.

Menara Pisa
Akibatnya, di tengah pelaksanaan proyek yang dia kerjakan kini menjadi tidak sempurna, saat pembangunan menara berlangsung tanah di sekitar menara bergeser, semakin cepat geseran tanah yang ada di sekitar peroyek pembangunan, mengakibatkan daya tahan podasi kurang balk untuk menahannya, oleh sebab itu menara menjadi miring sehingga proyek ini harus dihentikan.

Dengan kejadian itu membuat sang arsitek membuka mata dari kesalahannya, Tak brfikir panjang proyek pembangunan dilanjutkan kembali dan selesai di tahun 1350 dengan tiga dari deiapan tingkatnya dibangun vertikal untuk mengubah titik gravitasi menara yang telah melenceng hampir 5,1 meter dari desain semula. Walaupun sudah dikoreksi sedemikian rupa, menara itu tetap bergerak miring hingga sekarang dan selalu akan lebih miring beberapa milimeter dari tahun ke tahun.