Jumat, 17 Februari 2012

Pemakaman Rumit di Tana Toraja

Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat terkenal bahkan hingga keluar negeri pun mengetahuinya sebut saja Tana Toraja, Tana Toraja adalah Salah satu warisan Negara Indonesia, kebudayaan ini memiliki ritual pemakaman yang dianggap paling rumit di dunia. Upacara pemakaman ini disebut dengan Rambu Solo.

Rambu Solo adalah sebuah upacara pemakaman secara adat yang mewajibkan keluarga almarhum membuat sebuah pesta sebagai tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi. Yang bikin rumitnya lagi upacara Rambu Solo ini memiliki pemakaman yang bertingkat-tingkat, di setiap tingkatnya tergantung pada strata sosial si mendiang dan keluarganya.

Pemakaman Rumit di Tana Toraja

Pemakaman Rumit di Tana Toraja
Yang paling menarik adalah ketika tahap terakhir upacara Rambu Solo dimana jenazah dibawa ke sebuah tebing khusus untuk pemakaman. Biasanya jenazah ini di ikut sertakan dengan patung simbolisasi penggambaran diri mendiang yang disebut dengan nama Tau-tau. Yang paling mengherankannya mayat yang disimpan di atas tebing itu hanya diletakkan begitu saja dan ajaibnya lagi tidak pernah tercium bau busuk yang merebak di sekitar makam tersebut.