Sabtu, 04 Februari 2012

Singa Berkantung Pernah Hidup di Australia

Adakah hewan buas di Australia? saat ini bisa dikataka Australia tidak memiliki hewan buas seperti harimau dan sejenisnya. Namun, ribuan tahun yang falu sejenis singa berkantung pernah hidup disana. Hal ini dapat di pahami dengan temuan tuiang belulang ukuran hewan ini diperkirakan sama persis ukuran seekor hewan macan. namun, bagaimana bentuk makhluk buas tersebut? saat sekarang ini masih dalam peniitian bagai mana bentuk dan ukuran hewan tersebut, Baru sedikit pemahaman dari lukisan-lukisan yang terdapat di gua, gua ini telah lama ditinggaikan suku aborigin.


Lukisan tersebut menggambarkan hewan berkaki empat yang memiliki kumis seperti kucing, paha besar, dan memiliki cakar yang besar sesuai fosilnya. Namun ada ciri yang hanya diketahui dari lukisan yakni bagian punggungnya yang belang-belang seperti harimau Tasmania, ekornya berannbut lebat, dan telinganya lancip. Hewan tersebut digambar di dinding-dinding batu pada sebuah gua di barat taut Australia.



Pada Juni 2008, seorang naturalis bernama Tim Willing memotret lukisan tersebut dan kemudian disadari sebagai gambar seekor singa berkantung oleh Kim Akerman, antropolog dari Tasmania. Makhluk liar yang diberi nama spesies Thylacoleo Carnifex itu diperkirakan hidup 30.000 tahun lalu berdasarkan usia fosilnya.