Kamis, 22 Maret 2012

Poppo, Mitos atau Kenyataan Di Sulawesi Selatan

Poppo adalah Manusia Tanpa Badan yang Diyakini ada pada Masyarakat Sulawesi Selatan. Poppo Menurut mereka adalah Sosok Manusia tanpa kepala yang menurut masyarakat banyak berada didaerah sekitar pangkep, Jeneponto atau daerah suku Bugis. Sosok ini muncul akibat seseorang yang ingin mendapat ilmu untuk cepat kaya. tapi mengalami kesalahan dalam menjalani ritual dan doyan memakan jantung atau hati dari bayi yang baru lahir.


Beberapa Fakta Pendukung ini banyak dijumpai di masyarakat Sulawesi Selatan. Mereka pada umumnya melihat hal tersebut pada waktu malam skitar pukul 11:00-04:00 menjelang azan subuh biasanya mereka berubah kembali kewujud manusia biasa.

Menurut mereka Poppo takut pada Bawang merah, merica, dan parang panjang… masyarakat sulawesi selatan biasanya membakar dupa berupa kulit bawang putih atau kulit bawang merah serta mendidihkan air pada saat menjelang kelahiran bayi mereka untuk menghindari kehadiran dari mahluk ini.

mereka juga meyakini poppo sering mengambil rejeki dari rumah yang didatanginya. sehingga rumah tersebut tidak akan pernah berkecukupan. tapi Rumah yang didalamnya sering dibacakan ayat-ayat suci alquran tidak akan pernah didatangi oleh mahluk ini (dari berbagai Sumber)