Rabu, 15 Juni 2011

16 Juni Terjadi Gerhana Bulan Total Spektakuler

Tanggal 16 Juni dini hari hingga menjelang fajar akan terjadi gerhana bulan total. Diperkirakan cuaca akan cerah, sehingga fenomena alam tersebut bisa disaksikan langsung secara kasat mata dan juga lama.

"Bulan akan ditutup oleh bayangan bumi, yang tadinya bulan berwarna putih akan menjadi hitam kemerahan dan itu berlangsung cukup lama. Ini spektakuler kalau disaksikan," ujar Direktur Observatorium Bosscha Lembang Hakim L Malasan saat dihubungi detikbandung melalui telepon, Selasa (7/6/2011).


Menurutnya gerhana bulan akan mulai terjadi pada pukul 01.25 WIB dan total pada 2.25 WIB. Kemudian maksimum gerhana total di mana bulan seluruhnya ditutupi bayangan bumi akan terjadi pada pukul 03.14 WIB. "Gerhana baru berakhir bertepatan dengan adzan subuh pukul 05.04 WIB," katanya.

Hakim menjelaskan seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan fenomena alam ini. "Tapi untuk di waktu Indonesia tengah dan waktu Indonesia Timur tinggal dikurangi saja waktu mulai gerhananya," tuturnya.

Saat gerhana terjadi, diperkirakan langit akan cerah. Karena itu disarankan masyarakat yang ingin menyaksikan langsung dengan mata telanjang. "Kalaupun mau pakai teropong pakai teropong kecil, jangan yang besar karena yang besar itu tingkat radiasinya tinggi," imbaunya.

Bosscha sendiri, lanjutnya, bekerjasama dengan Kominfo dan observatorium lainnya di Yogyakarta, Aceh, Pakanbaru, Lapan di Pameungpeuk, dan Mataram akan menyaksikan fenomena itu dan hasilnya akan live streaming di website Kominfo. "Ini ujicoba livestreaming baru," ujarnya.

Lebih lanjut Hakim menjelaskan teropong akan dipasangi kamera CCD kemudian hasil pencitraannya akan disalurkan ke internet yang terhubung dengan internet lalu dikirim ke server milik Kominfo.

"Nah live streaming kali ini akan mudah diakses oleh masyarakat luas melalui website resmi Kominfo dan Bosscha," terangnya.

Ia mengimbau bagi umat Islam bisa melaksanakan solat gerhana sebelum solat Subuh. "Ya kali-kali bangun lebih pagi untuk saksikan kebesaran ciptaan Allah," tuturnya.

Tak hanya pada tanggal 16 Juni, gerhana total juga akan terjadi lagi pada tahun ini pada 10 Desember 2011. Namun waktunya lebih awal, yaitu setelah Isya. "Gerhana awal pada pukul 19.46 WIB dan totalnya pukul 21.06 WIB, lalu berakhir 23.17 WIB," ungkapnya.
http://bandung.detik.com/read/2011/06/07/123957/1654740/486/wow-16-juni-terjadi-gerhana-bulan-total-spektakuler