Minggu, 26 Juni 2011

Lima Langkah Atasi Pegal Sepatu Berhak Tinggi

Mengenakan high heels atau sepatu tumit tinggi dalam waktu lama, pasti membuat kaki terasa pegal. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengalami nyeri punggung dan sakit kepala.

Jangan membiarkannya, karena rasa nyeri bisa makin menjadi-jadi. Tengok saja lima langkah dari Dr. Neal M. Blitz, ahli ortopedi, yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pegal dan nyeri setelah mengenakan sepatu tumit tinggi.

1. Yoga dan peregangan
Otot tendon dan otot betis menjadi sangat kencang karena mengenakan sepatu tumit tinggi. Sehingga, penting untuk melakukan peregangan agar otot kembali rileks. Yoga adalah metode yang sangat baik untuk melakukan peregangan, terutama melakukan gerakan yang terfokus pada kaki. Peregangan membuat aliran darah di area kaki lebih lancar dan dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan (pembengkakan) di kaki bagian bawah.

2. Rendam kaki dengan epsom salt
Bukan hanya membuat kaki lebih rileks, merendamnya dengan campuran air dan epsom salt bisa digunakan untuk menenangkan bagian tubuh yang sakit, terutama kaki. Epsom salt sebenarnya bukan garam, tapi mineral alam dan magnesium sulfat, yang dapat diserap melalui kulit.

3. Pedikur
Anda bisa memanjakan kaki dengan melakukan pedikur sendiri atau di salon. Potong juga kuku kaki yang terlalu panjang. Kuku panjang dapat memicu rasa nyeri karena terhimpit saat mengenakan sepatu tumit tinggi.

4. Beri pelembab
Sangat penting untuk menjaga kulit kaki agar tidak kering. Kulit yang kering akan mudah pecah dan membuat kaki terasa nyeri. Jadi, selalu gunakan pelembab agar kaki Anda terhindar dari kekeringan.

5. Pijat
Pijat sangat efektif untuk mengurangi rasa nyeri akibat cedera otot. Termasuk mengurangi ketegangan otot akibat menggunakan sepatu tumit tinggi dalam waktu lama. Anda bisa memberikan pijatan pada kaki sambil mengaplikasikan pelembab.
http://kosmo.vivanews.com/news/read/224544-lima-langkah-atasi-pegal-akibat-high-heels