Rabu, 22 Juni 2011

Saatnya Teknologi Digunakan Atur Lalu Lintas

Tren penggunaan teknologi informasi akan mendominasi dalam segala bidang kehidupan. Dalam kurun lima tahun ke depan, kota-kota besar di dunia akan memiliki sejumlah teknologi yang semakin memudahkan aktivitas manusia.

Dampaknya, keterlibatan manusia semakin berkurang,” kata Presiden Direktur IBM Indonesia, Suryo Suwignjo di Yogyakarta, Sabtu, 12 Maret 2011.

Menurut dia, kota-kota besar dunia telah memanfaatkan sistem teknologi untuk memantau arus lalu lintas secara real time. Sistem semacam itu akan semakin banyak diaplikasikan oleh negara-negara di dunia.

Dengan sistem ini kita bisa mengarahkan arus kendaraan untuk mencegah kemacetan,” paparnya. Dengan demikian, peran polisi menjadi berkurang.

Tak hanya dalam bidang teknologi informasi untuk lalu-lintas, dalam lima tahun ke depan komunikasi jarak jauh antar individu akan terasa lebih nyata. Teknologi komunikasi tiga dimensi akan banyak dikembangkan.

Ke depan akan banyak bermunculan produk-produk telekomunikasi yang dilengkapi dengan teknologi 3 dimensi,” tandasnya.

Lebih lanjut Suryo mengatakan, perkembangan teknologi informasi juga berdampak pada tata kehidupan dan budaya masyarakat. Perubahan tersebut secara tidak langsung telah melahirkan perilaku baru. “Jika dulu kita ingin mengetahui waktu dengan melihat jam tangan, saat ini hanya dengan telepon seluler,” katanya. (Laporan: Juna Sanbawa, Yogyakarta)
http://teknologi.vivanews.com/news/read/209122-mungkinkah-teknologi-gantikan-peran-manusia