Rabu, 07 Desember 2011

Rapunzel Modern, Tak Potong Rambut 14 Tahun

Sobat Uniqer's, setiap kali keramas, Ni Linmei menghabiskan lebih banyak sampo. Tak heran, sebab ia harus membersihkan rambut dengan panjang 2,4 meter. Wanita 55 tahun asal Taiyuan, Provinsi Shanxi, China ini mengakui tidak pernah memotong rambutnya selama 14 tahun.

Untuk menyisir rambutnya, dia harus duduk di sofa atau dibantu anggota keluarganya. Setiap hari, ibu dua anak menyisihkan waktu untuk menyisir dan merawat rambutnya. Sementara itu, untuk mengukur panjang mahkota kepalanya, dia harus berdiri di atas kursi, sedangkan beberapa orang mengukur rambutnya.

Jiang Aixiu
Ni Linmei
Meski tak lagi berusia muda, mahkota kepala Linmei terlihat sehat dan hitam legam. Dimuat dari Daily Mail, ia mengaku tak punya rahasia khusus untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambutnya.

Rapunzel asal China lainnya adalah Jiang Aixiu, wanita asal Fushun, Provinsi Henan. Selama 21 tahun, Aixiu mengaku tak pernah memotong rambutnya. Terakhir kali dia memotong rambut pada 1990.

Keinginan untuk tidak memangkas rambutnya timbul ketika pemilik salon menyarankannya tak memotong rambut agar kualitas kesehatan rambutnya baik.

"Aku ingin memotong rambut, tetapi penata rambut menyarankan agar saya tak memangkasnya agar kualitas rambut saya baik," katanya seperti dikutip dari laman Orange.

Dia pun mengaku tak memiliki resep atau sampo khusus untuk menjaga kesehatan rambutnya. Banyak yang ingin rambut Jiang dipotong, bahkan ada yang rela membayarnya ¥10 ribu atau sekitar Rp13,2 juta. Tapi, ia menolak.

Namun, rambut yang terlalu panjang dapat menguras nutrisi dari tubuhnya, dokter pun menyarankan Jiang untuk memangkas rambutnya. "Lebih baik saya melepasnya, karena terlalu banyak di kepala saya," tuturnya.
 Source