Selasa, 03 Januari 2012

Gua Terbesar di Dunia

Sobat Uniqer's, ternyata Vietnam memiliki gua terbesar di dunia yang di beri nama Hang Son Doong yang artinya gua sungai pegunungan, dan Gua ini berada di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang Vietnam. gua itu ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan yang bernama Ho Khanh pada tahun 1991 Betapa tidak, lebar rongganya mencapai 150 meter dan tingginya 200 meter. Namun tak seorangpun yang pernah menelusurinya karena medan perjalananya yang berat serta tekanan angin yang tinggi karena adanya sungai bawah tanah yang sangat besar.

Gua Terbesar di Dunia - Hang Son Doong

Ada 13 orang penjelajah dari universitas sains Vietnam dengan penjelajah lnggris akhirnya mereka menggelar Caving Expedition pada tahun 2009 dengan masuk ke dalam gua. Mereka menghabiskan waktu lima hari pada pertengahan bulan April lalu untuk menyurvei jalur gua.

Gua Terbesar di Dunia - Hang Son Doong

Dengan membawa alat ukur berbasis LaserRase 300, tim ini dapat mengukur tinggi langit-langit dan lebar rongga di sepanjang perjalanan dengan harapan dapat membuat petanya. Saat ini datanya masih dianalisis. Namun, hasil laporan awal menunjukkan besar rongga utamanya mencapai dua kali lipat rekor gua terbesar saat ini.