Sabtu, 06 Oktober 2012

5 Rekor Terbanyak di Peraih Academy Awards

Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film paling bergengsi bagi insan-insan perfilman di Amerika Serikat. Penghargaan tersebut pertama kali diberikan pada 16 Mei 1929. Sepanjang 84 tahun perjalanan Academy Award, tercatat sederet rekor dalam berbagai hal yang menyertainya. Berikut 5 Rekor Terbanyak di Ajang Academy Awards atau piala Oscar:

1. Sutradara dengan penghargaan terbanyak
John Ford merupakan seorang sutradara berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan empat nominasi Academy Award sebagai sutradara terbaik. Dia dilahirkan di Cape Elizabeth, Maine. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1917.





John Ford (sumber: blogspot.com)

2. Aktris dengan penghargaan terbanyak
Katharine Houghton Hepburn merupakan seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan dua belas nominasi sebagai aktris terbaik. Dia dilahirkan di Hartford, Connecticut. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1932.




Katharine Houghton Hepburn (sumber: blogspot.com)

3. Empat aktor/aktris yang masing-masing telah memenangkan tiga Academy Awards
Ingrid Bergman (2 Aktris Terbaik, 1 Aktris Pendukung Terbaik); Ingrid Bergman merupakan seorang aktris berkebangsaan Swedia yang memenangkan tiga Academy Award, dua Emmy Award, dan Tony Award. Dia dilahirkan di Stockholm. Dia berkarier di dunia film pada tahun 1935 hingga 1982.




Ingrid Bergman (sumber: blogspot.com)

Meryl Streep (3 Aktris Terbaik, 1 Aktris Pendukung Terbaik); Mary Louise Streep adalah seorang aktris teater, televisi, film Amerika Serikat. Sukses secara komersil membuatnya kemudian berperan dalam The Deer Hunter bersama Robert De Niro dan Kramer vs. Kramer dengan Dustin Hoffman membuat Streep menerima nominasi pertamanya dalam Academy Awards, dan kemudian memenangkannya. Ia juga memenangkan Academy Award keduanya ditahun 1982, lewat film Sophie’s Choice. Terakhir dalam The Iron Lady (2011) ia juga memenangkan aktris terbaik. Ia adalah pemegang rekor nominasi terbanyak (aktor dan aktris) dalam sejarah Oscar dengan 16 nominasi. Streep kemudian dipertimbangkan sebagai salah satu aktris yang paling dihormati dan paling berbakat sepanjang masa.




Meryl Streep (sumber: blogspot.com)

Jack Nicholson (2 Aktor Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik 1); John Joseph Nicholson, adalah seorang aktor yang telah tiga kali menjadi pemenang Academy Award dan tujuh kali memenangkan Golden Globe, aktor bermetode Amerika yang terkenal karena sering membawakan peran-peran bertema gelap dari tokoh-tokoh fiksi yang neurotik. Jack Nicholson 12 kali dicalonkan untuk memperoleh Academy Award (dan memenangkan 3 di antaranya), lebih dari aktor lelaki lainnya manapun.




Jack Nicholson (sumber: blogspot.com)

Walter Brennan (3 Aktor Pendukung Terbaik); Walter Brennan adalah aktor Amerika Serikat yang memenangkan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik pada tiga kesempatan terpisah.




Walter Brennan (sumber: blogspot.com)

4. Cinematografer yang memenangkan penghargaan terbanyak
Jumlah tertinggi Academy Awards yang dimenangkan oleh seorang sinematografer adalah  4 Oscar. Mereka adalah:
Joseph Ruttenberg, pada tahun 1938, 1942, 1956 dan 1958. Joseph Ruttenberg (4 Juli 1889 - 1 Mei 1983) adalah seorang wartawan foto dan sinematografer  kelahiran Rusia-Amerika. Ruttenberg dinominasikanpada Academy Award untuk Sinematografi Terbaik sepuluh kali, menang empat. Selain itu, ia memenangkan 1954 Golden Globe Award untuk film Brigadoon .




Joseph Ruttenberg (sumber: blogspot.com)

Leon Shamroy, pada tahun 1942, 1944, 1945 dan 1963. Leon Shamroy, A.S.C. (16 Juli 1901 - 7 Juli 1974) adalah seorang sinematografer film Amerika. Bersama dengan Charles Lang, ia memegang rekor paling banyak nominasi Academy Award untuk Sinematografi. Sepanjang lima dekade kariernya, ia mengumpulkan delapan belas nominasi dengan empat kemenangan.




Leon Shamroy (sumber: blogspot.com)

5. Art director yang memenangkan penghargaan terbanyak
Austin Cedric Gibbons adalah seorang art director dan production designer yang menjadi salah satu paling penting dan berpengaruh dalam sejarah film Amerika. Dia juga membuat dampak yang besar pada arsitektur film dan teater pada 1930 untuk tahun 1950, periodenya dianggap era keemasan arsitektur teater. Cedric Gibbons adalah orang yang merancang patung Oscar, dan pernah memenangkan 11 penghargaan dari total 39 nominasi.




Austin Cedric Gibbons (sumber: blogspot.com)

Tambahan: 
Make-up artis yang memenangkan penghargaan terbanyak
Richard A. ”Rick” Baker adalah seorang make-up artis spesial efek yang dikenal di Amerika. Rick Baker memenangkan 7 Academy Awards (semua untuk Makeup Terbaik).(**)