Rabu, 18 Mei 2011

Warga Sinjai Temukan Ikan Langka

SINJAI - Warga Pulau Leang-Leang, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, tadi pagi dikejutkan dengan terdamparnya seekor ikan yang terbilang langka dan unik.

Ikan sepanjang dua meter lebih ini memiliki kepala mirip ikan pari, sementara bagian ekornya mirip ikan hiu. Menurut warga di Pulau Leang-Leang, ikan jenis ini memang sangat langka.

Illustrasi
Bahkan ikan yang diberi nama Ikan Lontar ini hanya bisa didapatkan sekali dalam setahun. Ikan lontar ini sebenarnya jenis ikan yang hidupnya di laut dalam. Mungkin karena terbawa arus laut sehingga ikan ini terdampar di pantai.


Anwar, salah seorang warga Pulau Leang-Leang mengaku jenis ikan ini memang sangat sulit di temukan di Perairan Sinjai. Sementara harganya sendiri menurut Anwar sangat mahal. Satu sirip Ikan Lontar harganya bisa mencapai Rp3 juta-an bila di jual dalam kondisi kering.

Karena ditemukan dalam kondisi sudah mati, warga pun berniat menjual ikan ini di ibu kota Kabupaten Sinjai. Sejumlah pembeli kabarnya sudah menawar ikan yang ukurannya lumayan besar ini begitu mendengar ikan lontar ini terdampar di Pantai Leang-Leang.
http://news.okezone.com/read/2011/05/17/340/458021/warga-sinjai-temukan-ikan-langka