Rabu, 15 Juni 2011

Gerhana Bulan Total 16 Juni Bisa Disaksikan Live Streaming

Bandung - Tanggal 16 Juni dini hari hingga menjelang fajar akan terjadi gerhana bulan total yang bisa disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia. Bosscha bekerjasama dengan Kominfo akan melakukan ujicoba live streaming fenomena alam tersebut.

"Ini ujicoba livestreaming baru," ujar Direktur Observatorium Bosscha Lembang Hakim L Malasan saat dihubungi detikbandung melalui telepon, Selasa (7/6/2011).


Lebih lanjut Hakim menjelaskan teropong akan dipasangi kamera CCD kemudian hasil pencitraannya akan disalurkan ke internet yang terhubung dengan internet lalu dikirim ke server milik Kominfo.

"Nah live streaming kali ini akan mudah diakses oleh masyarakat luas melalui website resmi Kominfo dan Bosscha," terangnya. Untuk website Kominfo di depkominfo.go.id atau bisa dilihat di bossca.itb.ac.id

Sebenarnya, kata Hakim, livestreaming sudah dilakukan sejak 2007. Namun karena untuk mengaksesnya diperlukan perangkat khusus, makanya hanya bisa dinikmati kalangan terbatas.

"Kalau nanti itu lebih enteng, bisa dimasukin juga ke YouTube kalau mau, karena filenya bisa disimpan di flashdisk," tuturnya.

Gerhana bulan total pada 16 Juni nanti akan mulai terjadi pada pukul 01.25 WIB dan total pada 2.25 WIB. Kemudian maksimum gerhana total di mana bulan seluruhnya ditutupi bayangan bumi akan terjadi pada pukul 03.14 WIB. Gerhana baru berakhir menjelang fajar 05.04 WIB.