Kamis, 23 Juni 2011

Menikah Percepat Penyembuhan Kanker

Menikah merupakan salah satu momen terindah dalam hidup. Namun, banyak penderita kanker takut menikah karena takut akan menyia-nyiakan waktu dan akan merepotkan orang lain.

Padahal, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, pasien kanker dapat meningkatkan peluang penyembuhan sel ganas di tubuh mereka dengan menikah.

Seperti di lansir dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine dan Universitas Brigham Young mengungkapkan bahwa penderita kanker yang menikah memiliki resiko 14 persen lebih rendah terhindar dari kematian. Hal ini terjadi baik penderita pria maupun wanita.

Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa kondisi pasien dapat didiagnosis lebih awal. Mereka pun lebih berani dalam mengambil pengobatan agresif seperti kemoterapi.

Namun, peneliti belum mengetahui bagaimana lembaga pernikahan dapat membantu penderita kanker bertahan hidup. Mereka berspekulasi, pasangan dapat merawat dan mendorong semangat untuk mengatasi penyakit tersebut.

Menurut Sven Wilson, rekan penulis dan profesor dari Universitas Brigham Young, kunci terpenting proses penyembuhan adalah dengan mengontrol tahapan di mana kanker terdeteksi. Hal inilah yang mendasari langkah selanjutnya usai diagnosis.

"Dengan memiliki pasangan, pasien akan terbantu dalam menentukan jenis masalah. Sehingga cepat mengambil tindakan," ujarnya.

Namun sayangnya, penelitian yang diterbitkan pada Journal Cancer Epidemiology ini tidak meneliti perbandingan kesehatan pengidap kanker yang menikah dan yang belum menikah.
http://kosmo.vivanews.com/news/read/228709-menikah-percepat-penyembuhan-kanker