Upacara Bendera Unik

Cara anak bangsa memperingati hari kemerdekaan Indonesia beragam, sesuai pemaknaan terhadap kemerdekaan itu sendiri. Salah satunya, dilakukan Organisasi Kepemudaan (OKP) Gugusan Alam Nalar Ekosistem Pemuda (Ganespa) Tangerang Selatan, Banten.

Sekitar 30 pemuda melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih secara mengapung di Situ Tujuh Muara, Pamulang, Kota Tangsel.

Sejak 07.00 WIB, peserta upacara sudah terjun ke danau untuk melakukan prosesi upacara. Tidak ada yang berbeda pada rangkain acara menaikan sang saka merah putih itu.

Mulai dari inspektur upacara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan pembacaan detik proklamasi. Yang membedakan adalah, mereka melakukannya mengapung di atas air. Hanya menggunakan alat pelampung biasa.

"Ini bentuk pengabdian kami. Enam tahun kami 'merebut' situ yang ada di Pamulang, untuk mengembalikan fungsinya menjadi resapan air," kata Ketua Ganespa Nurholis Hafidz kepada VIVAnews.com, Rabu 17 Agustus 2011.

Tujuan upacara mengapung di atas situ, menurutnya, sebagai bentuk memerdekakan situ dari tangan yang tidak bertanggung jawab. Sebab, situ adalah aset negara sebagai resapan air.

Namun nyatanya, kata Nurholis, dari 12 situ yang ada di Kota Tangsel, sekarang hanya tinggal sembilan. Sebagian lainnya sudah menjadi milik pribadi dan menjadi tempat usaha. "Ironisnya, mereka memiliki sertifikat. Ini tanggung jawab Pemkot Tangsel," ujarnya.

Sementara itu, aksi ini mencuri perhatian warga yang melintasi Jalan Raya Siliwangi Pamulang. Rencananya, akan dilakukan juga upacara penurunan bendera yang akan dilakukan pukul 05.00 sore ini.
 Source 
0 Komentar untuk "Upacara Bendera Unik"
 
Copyright © 2014 Unik dan Lucu - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info