Jumat, 04 November 2011

Jabuticaba - Pohon Berbuah Unik Dengan Sejuta Manfaat

Sobat Uniqer's, ini bukan lelucon, meski mereka terlihat seolah-olah disematkan di sana oleh tukang kebun yang terkesan pada buah-buah milik tetangga. Tapi, buah Jabuticaba benar-benar tumbuh di batang pohon.

Dikenal sebagai Pohon Anggur Brasil, tanaman asli Amerika Selatan, khususnya Paraguay, Argentina dan Brasil, ini memiliki buah berwarna ungu lezat yang dapat dipetik dan dimakan langsung dari pohonnya. Selain itu, juga dapat dijadikan bahan untuk membuat jeli atau jus, minuman menyegarkan di musim panas. Bila tidak menginginkan jeli atau jus, bisa pula difermentasi untuk dibuat anggur dan minuman keras.




Jika ingin salah satunya berada di kebun Anda, maka Anda harus bersabar. Pohon ini membutuhkan waktu untuk tumbuh, tetapi setelah mencapai kedewasaan akan sangat berharga. Pohon ini juga telah terbukti sangat mudah beradaptasi. Meskipun ia lebih suka tanah lembab dan sedikit asam, tapi ia juga dapat tumbuh dengan baik di tanah alkali.


Bunga-bunganya sendiri muncul secara alami dua kali setahun. Mereka terlihat seperti makhluk asing yang telah menyimpan dirinya sendiri pada batang dan cabang. Jika pohon diairi dengan baik, pohon akan berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Buahnya berdiameter sekitar empat sentimeter dan memiliki hingga empat biji besar. Selain digunakan sebagai makanan kulit, juga dapat dikeringkan untuk digunakan mengobati asma dan diare. Jika amandel Anda bengkak, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi peradangan. Beberapa senyawa antikanker juga ditemukan dalam buah.
 Source