Sabtu, 18 Juni 2011

Lima Cara Deteksi Kebohongan Pasangan

Wajar bila di awal perkenalan dan kencan perdana, Anda ingin tampil sempurna. Kesan pertama yang baik berpengaruh pada hubungan selanjutnya.

Namun tak jarang, agar tampil menawan, pasangan kencan tak tabu berbohong. Pria lebih cenderung berbohong tentang status hubungan dan pekerjaan pada teman kencan untuk memperlihatkan bahwa diri mereka adalah pria idaman.

Namun bagaimana mengetahui bahwa pasangan kencan berbohong? Dr Paul Seagar, Dosen Senior Psikologi dan Forensik di University of Central Lancashire mengatakan, "Sedikit berbohong selama kencan bukan berarti hal buruk, karena kita semua ingin terlihat lebih baik."

Dia menyatakan, ada beberapa cara mudah untuk mengetahui apakah kencan Anda sedang berbohong atau tidak, seperti dikutip dari Yourtango:

1. Ajukan pertanyaan langsung
Jawaban atas pertanyaan "Apakah Anda tertarik dalam hubungan jangka panjang?" yang lebih sedikit dari pada "ya atau tidak" mungkin berarti ia sedang berbohong.

Jika mengaku terkejut dengan pertanyaan Anda dan masih mengelak, coba tanyakan dengan dengan pertanyaan kedua atau ketiga. Bila ia tetap menolak menjawab atau malah bertanya apakah Anda berpikir ia sedang berbohong, maka Anda pantas meragukan kejujurannya.

2. Berusaha kontak mata lebih lama
Seorang pembohong yang berpengalaman tahu kontak mata penting untuk meyakinkan Anda. Sehingga, ia akan berusaha melakukan kontak mata lebih lama. Menatap penuh cinta dan memberitahu Anda bahwa mereka mencintai Anda bukan berarti ia sedang jujur.

3. Bahasa tubuh
Isyarat nonverbal cukup memberitahu kapan si dia tengah berbohong. Sepanjang kencan, tubuhnya terlihat santai. Namun tiba-tiba kaku saat ia memberitahu bahwa dirinya lajang atas pertanyaan status hubungannya. Maka ini mungkin menunjukkan bahwa dia tidak sepenuhnya jujur.

4. Isyarat verbal dan vokal
Bila ia menjawab pertanyaan Anda mendetail, ia lebih mungkin mengatakan hal yang jujur. Namun, bila jawabannya umum dan tanpa keanehan atau terlalu singkat, ia mungkin bohong. Atau, ia berkali-kali mengulang kata-kata, berarti ia lebih cenderung tak jujur ketimbang saat menggunakan kosakata yang lebih banyak.

5. Coba bedakan perilakunya saat kencan
Perhatikan bagaimana dia bertindak dan berbicara saat dia santai dan berkata jujur. Anda dapat membandingkan hal ini dengan tingkah lakunya ketika ia memberikan jawaban yang tidak meyakinkan. Jika ada perbedaan yang nyata antara dua perilaku, ada kemungkinan ia sedang bertindak tak jujur.

Dr Seagar mengingatkan, lima hal ini tak dapat berlaku untuk semua orang. Tapi secara umum, ada isyarat ketika seseorang berusaha membohongi Anda.
http://kosmo.vivanews.com/news/read/226669-lima-cara-deteksi-kebohongan-pasangan